PENGARUH PAPARAN, AFINITAS, DAN KETERGANTUNGAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN ULANG KONSUMEN


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh paparan dan afinitas terhadap ketergantungan dan pengaruh ketergantungan pada niat untuk membeli kembali / minat beli ulang dalam konteks ponsel cerdas (smartphone). Paparan dan afinitas dianggap sebagai faktor penting yang memicu ketergantungan. Paparan adalah kondisi saat melakukan kontak (terekspos) dengan sesuatu. Sedangkan afinitas adalah kondisi pengguna yang ingin selalu dekat dengan sesuatu. Penelitian ini memiliki tiga hipotesis. Data dikumpulkan dari 200 responden menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuisioner yang telah dibagikan kepada mahasiswa sarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, kemudian diolah dan dianalisis menggunakan teknik pemodelan persamaan struktural dengan perangkat lunak LISREL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa paparan dan afinitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketergantungan, sedangkan ketergantungan sendiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Semua hipotesis pada penelitian ini diterima dan akan dibahas secara detail dalam artikel penelitian ini.

Popular Posts